Selasa, 02 April 2013

Analisis Definisi Benar dan Salah



Berikut adalah analisis saya yang masih jauh dari sempurna mengenai definisi rumah dan sukses. Semoga bisa membantu sobat pembaca ^_^

1.       Definisi Rumah

a.        Definisi benar
Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal, hunian dan sarana pembinaan keluarga. Undang-undang No 4 Tahun 1992 tentang perumahan dan pemukiman (http://www.pu.go.id/satminkal/itjen/lama/hukum/uu4-92.htm)

Bagi saya, definisi ini adalah benar karena definisi ini sudah mencakup fungsi dari rumah secara umum. Adapun bentuk atau tataan bangunannya seperti apa, menurut saya itu tidak perlu dimasukan ke dalam definisi karena tidak ada ketentuan khusus dari bentuk ataupun tataan sebuah rumah, baik itu tersusun dari bata-bata, batu, kayu, ataupun berupa tikar dan dedaunan, berkamar atau tidak, berdapur atau tidak, berkamar mandi atau tidak, atau berhalaman atau tidak, selama bangunan itu menjadi tempat tinggal , hunian dan sarana pembinaan keluarga, bangunan itu dapat dikatakan sebagai sebuah rumah.

b.       Definisi salah
Rumah adalah tempat untuk pulang. (http://akudarifebruari.blogspot.com/2013/03/pulang.html)

Definisi diatas menurut saya adalah salah, karena definisi tersebut tidak mewakili atau menggambarkan rumah secara langsung. Hal tersebut dikarenakan tempat untuk pulang itu tidak selalu rumah. Bagi mereka yang hidup dijalanan , mereka yang disebut sebagai tunawisma atau orang yang tidak memiliki sebuah bangunan untuk tinggal, tempat mereka pulang bisa jadi adalah emper-emper toko, trotoar, atau tempat lainnya dan tempat – tempat tersebut , menurut saya, bukanlah rumah.

2.       Definisi Sukses

a.        Definisi benar
Sukses adalah keberhasilan seseorang dalam menemukan potensi keunggulan dirinya untuk bisa menjadi yang terbaik di bidangnya sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Dr. Haward Gardner, (http://for1success.blogspot.com/2012/08/definisi-sukses-dan-kesuksesan.html)

Dari berbagai definisi sukses, definisi sukses yang satu ini dapat dikategorikan sebagai definisi yang benar karena definisi tersebut dapat menjawab pertanyaan umum mengenai arti sukses yakni apa dan bagaimana sukses itu.

Apa itu sukses? Keberhasilan seseorang
Keberhasilan seperti apa? Keberhasilan menemukan potensi keunggulan dirinya untuk bisa menjadi yang terbaik di bidangnya sehingga berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Adapun masalah waktu, atau masalah apakah seseorang tersebut menjadi yang terbaik dibidangnya dan apakah dia berguna bagi dirinya dan orang lain itu bertahan lama atau tidak, menurut saya itu tidak perlu dimasukan kedalam definisi karena soal waktu itu adalah relative sehingga ada istilah ‘mempertahankan kesuksesan’.
                                          
b.       Definisi salah
Sukses adalah berhasil membuat landasan yg kokoh untuk menuju kesuksesan berikutnya. (http://forum.detik.com/definisi-sukses-t63394p3.html)

Definisi ini menurut saya adalah salah karena definisi tersebut melanggar salah satu syarat definisi yang benar yakni terdapat definiendum di dalam definien dengan adanya kata kesuksesan di dalam definisi sukses. Oleh sebab itu, definisi ini merupakan definisi yang salah.

0 komentar:

Posting Komentar