Jumat, 22 Maret 2013

Contoh analisis Identitas berdasar Teks


Agnes Monica
Agnes Monica is an Indonesian recording artist and actress. Born in Jakarta, Indonesia, she started her career in the entertainment industry at the age of six as a child singer… As a teenager, Agnes expanded her career to include acting…Later, she became the highest-paid teenage artist in Indonesia....In 2003, she released her fourth studio album And the Story Goes, which marked her transition from a child singer to a female artist.
                                                                                                                                            
Throughout her career, she has often been controversial in Indonesia. When she was a teenager, her frequent comments about her goal to break into the international market was viewed by some as a pompous proclamation.  In 2010, however, she signed with Sony/ATV Music Publishing and began work on a debut English studio album. Consequently, her slogan "Dream, Believe, and Make it Happen" was used in a 2011 cultural conference to inspire young people organized by the US Embassy in Jakarta. http://en.wikipedia.org/wiki/Agnes_Monica



The Identity of Agnes Monica

Personal Identity          
Dari teks diatas, menurut saya Personal Identity dari Agnes itu adalah Artist and actress, controversial dan Inspiring young people Person. Identitas pertama adalah profesinya sebagai artis dan bintang film. Dari kalimat pertama paragraph pertama, profesi Agnes sebagai artis dan bintang film itu sudah didahulukan, selain itu profesi dia sebagi penyanyi dan bintang film ini juga banyak di ulang di keseluruhan teks di atas. Alasan mengapa profesi dia bisa menjadi identitasnya, menurut saya, adalah karena dia dikenal banyak orang atau masyarakat melalui profesinya tersebut. Identitas kedua adalah controversial person, adanya clausa she has often been controversial in Indonesia menunjukkan bahwa Agnes adalah seseorang  yang sering melakukan hal atau membuat suatu kontroversi di masyarakat . Untuk identitas yang satu ini, Agnes menjadi sorotan masyarakat bukan hanya karena dia adalah seorang artis atau bintang film tapi juga karena dia suka mengundang kontroversi.  Yang terakhir adalah Inspiring young people Person. Identitas ini dapat ditunjukkan oleh slogan pribadinya yang dijadikan sebagai slogan sebuah konferensi budaya untuk menginspirasi generasi muda yang diadakan oleh kementrian US. Dengan digunakannya slogan tersebut, itu menunjukkan kuasa seorang Agnes dalam mempengaruhi orang lain. Bagaimana bisa slogan pribadinya menjadi slogan sebuah konferensi budaya  sebesar itu jika Agnes nya sendiri tidak menginspirasi? Sebuah slogan tidak mungkin bisa menginpirasi begitu saja bukan? Peranan siapa yang mengatakan slogan itu pasti besar dan sudah terbukti menginspirasi baik dari prestasinya atau perjuangan menuju kesuksesannya . Dengan kata lain, slogan Agnes itu tidak akan berarti jika bukan Agnes yang memilikinya dan slogan itu tidak akan berarti apa-apa jika Agnes bukan seseorang yang menginspirasi kaum muda.

Cultural identity
Adanya kata “Indonesian” An Indonesian recording artist and actress menunjukkan bahwa Agnes adalah seorang artis dan bintang film yang luar biasa (recording) yang berasal dari Indonesia dan berbudaya Indonesia. Adanya kata “Indonesian” ini menekankan Agnes sebagai “orang Indonesia” yang  berhasil. Indonesia sebagai cultural identitinya Agnes juga ditunjukkan dengan seringnyanya Indonesia disebutkan di kalimat-kalimat lainnya.

Social identity
Di paragraph pertama, Agnes memiliki identitas a teenager. Mengapa  a teenager ini menjadi identitas social Agnes? Karena disini dia lebih ditekankan terhadap posisi sosialnya sebagai kaum muda, atau remaja. Kata “teenager” memberikan batasan khusus bahwa usia mudanya menjadi penting. Selain itu, adanya identitas tennager ini pun memberikan nilai lebih terhadap prestasi yang dicapai oleh Agnes itu sendiri, prestasi itu menjadi lebih positif karena identitasnya sebagai tennager mengingat bahwa seorang tennager biasanya sedang ada dalam masa transisi dan sangat jarang bagi seorang remaja untuk menjadi seorang artis dan bintang film sepert Agnes.
Masih berhubungan dengan identitas Agnes sebagai a teenager, the highest-paid teenage artist in Indonesia memberi identitas tambahan yakni artis remaja termahal. Predikat termahal ini ,menurut saya,  adalah  identitas Agnes karena mmenurut saya prestasi seperti menjadi yang termahal itu sangat jarang dan pasti diingat oleh banyak orang. Apalagi dikalangan seprofesinya, mendapat predikat Termahal itu tentu menjadi sebuah impian tersendiri. Oleh sebab itu, predikat  termahal ini merupakan identitas Agnes, menurut saya.

Di paragraph selanjutnya, Identitas Agnes adalah a female artist .Mengingat bahwa preposisi itu bergantung pada waktu dan usia, menurut saya a female artist adalah peningkatan identitas dari Agnes, yang asalnya adalah penyanyi cilik. Identitas ini menjadi identitas baru Agnes yang menekankan dia sebagai artis wanita yang dewasa bukan sebagi remaja lagi. Dengan identitas a female artist ini, identitas penyanyi cilik tidak lagi melekat pada Agnes, berubah menjadi mantan penyanyi cilik atau female artist. Selain itu, dengan identitas barunya itu, posisi Agnes dalam sosialnya pun ikut berubah dari kaum remaja ke kaum wanita dewasa. Lalu bagai mana dengan child singer? Apakah itu identitas atau bukan? Menurut saya, itu adalah identitas Agnes, namun ketika dia masih remaja. Dengan kata lain, child singer itu identitas yang ditujukan kepada Agnes yang masih remaja, sedangkan untuk Agnes yang sekarang, identitas yang berlaku adalah female Singer.

0 komentar:

Posting Komentar